/ default

Publikasi Ilmiah
Gerakan Literasi Sekolah


Halaman : 1
Meningkatkan Kecepatan dan Kefektifan Membaca
| 49 views

MENINGKATKAN KECEPATAN DAN KEEFEKTIAN MEMBACA Membaca cepat dan efektif adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak meninggalkan pemahaman terhadap aspek bacaannya. Artinya kita tidak hanya mengutamakan kecepatan membaca namun makna yang dibaca tetap dipahami, ini berbeda dengan cepat membaca, cepat membaca seorang pembaca hanya mengutamakan bacaan kata demi kata atau kalimat demi kalimat dengan tidak memperhatikan pemahaman terhadap makna serta isi yang dibacanya.
BIOREMIDIASI PEWARNA TEKSTIL MENGGUNAKAN JAMUR WHITE ROT
| 526 views

Peningkatan populasi dan modernisasi peradaban telah menyebabkan perkembangan industri tekstil di India. Sektor tekstil adalah rantai industri rumit dan keragaman yang tinggi dalam hal bahan baku, proses, produksi dan peralatan. Diperkirakan bahwa pendapatan 14% diperoleh dari produksi tekstil India dan dan sekitar 27% dari pendapatan ekspor. India adalah produsen terbesar kedua benang katun dan sutra dan produsen terbesar ketiga kapas dan serat selulosa. Pencelupan/pewarnaan adalah proses gabungan pemutihan dan mewarnai, yang menghasilkan volume limbah air yang sangat dan menghasilkan kerusakan lingkungan. Lebih dari 100.000 pewarna komersial yang tersedia untuk industri tekstil di seluruh dunia dengan lebih dari 700.000 ton pewarna komersial tahun diproduksi.
Analisis Hasil Penelitian Jurnal Internasional
| 592 views

IDE SISWA TENTANG TUBUH MANUSIA DAN KEMAMPUAN TRANSFER PENGETAHUAN ANTARA SKENARIO TERKAIT. (Pernilla Granklint Enochson & Andreas Redfors)* *School Of Education and Environment, Institution Mathematic and Natural Sciences, Kristianstad University, Kristianstad, Sweden, E-Mail: Pernilla.Enochson@Hkr.Se
Observasi alam di Gua Belanda dan Gua Jepang Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda (Dago Pakar)
| 492 views

Ektrakurikuler Science Club SMP Negeri 3 Padalarang secara rutin melakukan Observasi alam dengan hiking di taman Hutan Raya Ir.H.Juanda (Dago Pakar) untuk napak tilas ke Gua Peninggalan Penjajah Romusha Jepang dan Pusat satelit Perang dunia II Penjajah Belanda. Observasi alam dapat memunculkan banyak karakter positif, diantaranya: percaya diri, kuat, tangguh dengan alam ekstrim, kerjasama dan keimanan kepada Tuhan. (Gua Jepang dan Gua Belanda Di Dago Pakar) Alam yang penuh tantangan mampu mengajarkan siswa hidup nyata yang sesungguhnya dengan kegembiraan tanpa paksaan namun menghasilkan pembelajaran sikap, keterampilan untuk mencapai siswa berkarakter positif
SCIENCE CLUB SMPN 3 PADALARANG HIKING NAPAK TILAS SEJARAH DANAU BANDUNG PURBA DAN FOSIL MANUSIA DI GUA PAWON KAB.BANDUNG BARAT
| 226 views

edisi: Mencari sumber belajar yang penuh karakter alam adalah sumber belajar nyata yang dapat membangkitkan benyak karakter. Observasi alam dengan field trips menyusuri pegunungan, sawah dan bukit sebagai cara belajar yang murah dan menyenangkan. Percaya diri, kuat dan tangguh terhadap panas, hujan, jalan terjal, berbagi dan meningkatkan keimanan pada Tuhan akan terbina dengan sendirinya. Alam adalah sumber belajar yang penuh karakter.
Pemertahanan kebudayaan masyarakat adat Cireundeu melalui off record strategies
| 226 views

Santun berbahasa merupakan wujud perilaku individu dalam menggunakan bahasa terutama pada saat berkomunikasi. Wujud perilaku individu tersebut berbeda-beda dalam menggunakan bahasa. Ada individu berbahasa dengan santun, tetapi ada juga individu berbahasa dengan tidak santun.
Pengaruh Metode Group Investigations dengan Media Puzzle terhadap Kemampuan Menulis Iklan Siswa Kelas VIII
| 281 views

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode group investigations dengan media puzzle terhadap kemampuan menulis iklan siswa kelas VIII.
FENOMENA POLA MEKAR BUNGA MARKISA (Passiflora miniata) SERTA PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMP
| 767 views

Dengan mempelajari fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, kita dapat mengetahui karakter ilmu yang akan dipelajari kepada siswa
PELESTARIAN DAN PEMANFAATAN TUMBUHAN BUAH LANGKA (KAWISTA/ Limonia acidissima) DI DAERAH LINGKUNGAN PESISIR PANTAI UTARA KARAWANG
| 1680 views

Pemanfaatan tumbuhan lokal pantai utara Karawang sebagai sumber belajar IPA di SMP
Pengembangan Kesadaran Berkonstitusi melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada materi Kepatuhan terhadap Hukum,
| 983 views

Dengan pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran dengan proyek sebagai inti dari kegiatan pembelajaran dengan melibatkan seluruh potensi peserta didik secara berkelompok, baik pengetahuan, sikap maupun keterampilan kewarganegaraan. Peserta didik mengeksplorasi sumber-sumber informasi yang berkaitan dengan tema kajian kelompok melalui kajian kepustakaan, koran/majalah, observasi, wawancara, browsing internet sehingga mereka mengalami sendiri proses pembelajaran (learning experience). Siswa belajar melalui pengalamannya sendiri karena mereka terlibat secara langsung dalam masalah atau isu yang sedang mereka pelajari sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna (meaningfull learning) . Dengan demikian maka proses pembelajaran berbasis proyek sebagai instructional treatment yang berbasis masalah untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, sikap serta perilaku kewarganegaraan yang berdasarkan konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di masyarakat.
Strategi Mengajar yang Menyenangkan dan Mendidik dengan Cerdik
| 289 views

Karakter yang harus dimiliki oleh seorang guru agar keberadaannya menyenangkan dan mendidik dengan cerdik bagi siswanya
Sudut Pandang Bercerita
| 469 views

Menurut Ismail Marahimin, semua hal yang membangun cerita, termasuk penokohan, latar, tikaian (konflik) dan sebagainya, serta plot (alur itu sendiri) disebut sebagai alur saja. Alur cerita yang baik haruslah masuk akal. Cerita itu bisa saja romantis atau realistis, tetapi kemasuk-akalannya harus terjaga. Maksudnya, cerita itu mungkin saja terjadi, dengan tokoh-tokoh dan nama-nama seperti yang diceritakan, dan di tempat dan waktu yang diceritakan. Konflik cerita tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada hal-hal yang membawa dan mengarahkan plot itu ke sana. Hal itu dalam bahasa asing disebut foreshadowing. Ada yang mengistilahkannya padahan. Marahimin menyebutnya sebagai lanjaran, suatu istilah yang sebenarnya merupakan istilah dalam dunia pertanian. Lanjaran adalah sebatang bambu atau kayu yang ditancapkan di dekat seorang petani menanam tanaman menjalar seperti kacang panjang, timun, gambas, dan sebangsanya.
MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN
| 2710 views

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang berlangsung tidak berbasis pada proses menulis yang sesungguhnya, kurang tepatnya penerapan model pembelajaran, dan bimbingan yang diberikan belum optimal, sehingga kegiatan pembelajaran belum sampai pada proses pembelajaran yang efektif dan bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan dengan menggunakan model Multiliterasi Investigasi.
Implementasi Karakter di SD Negeri Ibu Jenab 2 Cianjur
24 Mei 2016 | 303 views

Pelaksanaan Permen No. 23 Tahun 2015 merupakan salah satu dasar pelaksanaan pembelajaran budi pekerti.
MENINGKATKAN PENGHARGAAN DIRI SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK LINGKARAN PUJIAN (COMPLIMENT CIRCLES) (
| 769 views

ABSTRAKS Harga diri merupakan salah satu kebutuhan penting manusia. Maslow dalam teori hierarki kebutuhannya menempatkan kebutuhan individu akan harga diri sebagai kebutuhan dasar yang paling tinggi setelah kebutuhan biologis, rasa aman dan dicintai. Kelas VIIIi SMP Negeri I Cicalengka merupakan kelas yang menjadi perhatian penulis untuk dijadikan objek penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Dikarenakan ada beberapa orang siswa di kelas tersebut mempunyai masalah dengan penghargaan terhadap dirinya sendiri. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku siswa yang sulit diatur, keluar / pergi dari rumah saat ada masalah dengan orang tua dan bergabung dengan kelompok-kelompok tertentu (gank), bergaul agak bebas serta berbicara dan bersikap kasar pada teman-temannya. Indikator tersebut sesuai dengan pendapat Frey dan Carlock (Utama;2010) bahwa individu dengan harga diri rendah pada umumnya merasakan penolakan, ketidakpuasan diri, dan meremehkan diri sendiri. Ketika diberikan angket tentang kemampuan menghargai diri sendiri, hasilnya hanya 63% (rata-rata sedang), artinya kemampuan dalam menghargai dirinya sendiri masih perlu ditingkatkan. Setelah melakukan konseling kelompok, dilakukan pengisian angket penghargaan diri terjadi proses peningkatan penghargaan diri siswa secara keseluruhan dari siklus 1 sebesar 73,25% dan siklus 2 sebesar 84,43%, sedangkan secara khusus untuk 6 orang siswa yang bermasalah dengan penghargaan dirinya diperoleh rata-rata penghargaan diri siklus1 sebesar 49% dan pada siklus 2 menjadi 78%. peningkatan penghargaan diri siswa secara keseluruhan sebesar 11,18% dan secara khusus bagi 6 orang siswa yang bermasalah sebesar 28,3 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi konseling kelompok dengan teknik lingkaran pujian dapat meningkatkan penghargaan diri siswa. Kata-kata Kunci: Penghargaan Diri, Konseling Kelompok, Lingkaran Pujian (Compliment Circle)
15 Tips Menjaga Agar Siswa Tetap Fokus Pada Pembelajaran
17 Mei 2016 | 746 views

15 buah tips yang dapat anda coba gunakan saat mengajar di kelas anda, sehingga siswa tetap berfokus dan memperhatikan pembelajaran yang sedang anda lakukan.

Total Data : 16 dari 16