/ default

Artikel
Gerakan Literasi Sekolah


Halaman : 1
Talkshow Inspiratif Ala Jambore Literasi
07 Nov 2017 | 581 views

Para guru perintis literasi pada hari pertama dalam acara Jambore Literasi disuguhi Talkshow Bersama Tethy Ezokanzo dan Maman Mantox". Kesan pertama, kurang greget karena acara telat, banner yang tidak sesuai, dan tidak dilengkapi dengan media infocus atau fotokopi materi si penyaji. Kesan pertama tersebut hilang seiring dengan berjalannya acara. Makin lama makin menarik. Bu Tethy Ezokanzo membagi pengalaman suka dukanya sebagai penulis buku anak dengan apa adanya, lugas dan terbuka,
Serba-Serbi Tentang Jambore Literasi
07 Nov 2017 | 636 views

Ramainya informasi di awal tahun pelajaran baru yang sering kubaca di FB tentang kegiatan Jambore Literasi yang akan digelar melahirkan rasa yang tak menentu antara pesimis dan optimis menyatu. Optimis karena anak-anak bimbingan kami yang hebat telah cukup banyak menuntaskan banyak buku bacaan meski ada beberapa yang terseok-seok, tapi alhamdulillah beres 24 buku semuanya.
Bagaimanakah Menerapkan Nilai Dasar Perdamaian di Lingkungan Sekolah?
| 471 views

#Review Materi Peace Generation Perdamaian adalah syarat terbangunnya peradaban. Keprihatinan atas berbagai konflik di dunia dan khususnya Indonesia melatarbelakangi terbentuknya Peace Generation Indonesia oleh Irfan Amalee dan Eric Lincoln. Dua belas nilai dasar perdamaian yang diperjuangkan oleh Peace Gen Indonesia dapat diterapkan di sekolah maupun komunitas.
Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar
| 1538 views

Sungguh membaca buku adalah aktivitas yang menyenangkan dan mengasyikan. Dengan membaca kita bisa berpetualang kemana saja kita mau, ke ujung dunia mana saja bisa dijelajahi lewat membaca buku, masa depan atau masa lalu juga bisa ditelusuri dengan membaca buku. Buku menyediakan semua hal yang kita ingin tahu. Karena buku adalah gudang ilmu. Pendidikan bermutu tidak akan terwujud tanpa membaca buku.
Menumbuhkan Budaya Baca di Sekolah Dasar
| 1809 views

Pada anak – anak membaca akan sangat membantu menumbuhkan budi pekerti atau karakter, menumbuhkan rasa kasih sayang, peduli pada sesama dan prilaku – prilaku baik lainya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh New York Universitymenunjukan bahwa membaca dapat meningkatkan kemampuan untuk memahami perasaan orang lain atau berempati pada orang lain. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang sekitarnya. Hal ini sangat penting untuk membangun karakter anak.
Yutaka Corp Tantang Tim Perintis WJLRC Kabupaten Bekasi untuk Lakukan Program Reading Challenge
16 Sep 2017 | 406 views

Fondasi sistem pendidikan literasi melalui program penumbuhan karakter baik "West Java Leader's Reading Challenge" telah berjalan 5 tahun. Target utama program menjadi wahana untuk melatih peserta untuk memiliki karakter tangguh, kuat memegang komitmen, konsisten, membangun daya persistensi dan resiliensi yang tinggi. Bukan sekadar peningkatan budaya baca, sehingga peserta yang berhasil menuntaskan program dengan baik, sangat layak diberi apresiasi tinggi karena mereka bisa diharapkan menjadi "bibit unggul" untuk masa depan baik bangsa ini.
Belajar Menghadapi Siswa yang Spesial dari Sebuah Buku
| 699 views

Ketika selesai membaca buku yang memuat kisah seorang guru bernama Mr. Smith, saya baru faham bahwa siswa yang sakit hati karena ketidakmampuannya dalam menyelesaikan sebuah tugas maka lebih cenderung mengabaikan tugas tersebut.
Perjalanan GLS WJLRC SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan
| 454 views

Suasana panas terik matahari siang itu tidak membuat semangat SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan surut mengikuti kegiatan literasi. Terlihat wajah-wajah mereka sumringah dengan buku-buku yang telah mereka siapkan dari rumah. Mereka telah terpilih menjadi Duta Literasi sekolah tersebut.
BENARKAH BUDAYA LITERASI MASYARAKAT INDONESIA MASIH RENDAH?
| 1516 views

Pertanyaan yang menjadi judul artikel ini sempat mengusik dan menggayuti fikiran serta perasaan penulis saat dalam sebuah diskusi ringan salah seorang teman penulis dengan emosional menyatakan ketidaksetujuannya pada berbagai pernyataan yang memvonis tentang rendahnya budaya literasi masyarakat Indonesia saat ini dengan mengutip World’s Most Literate Nations Ranked yang dipublikasikan oleh Central Connecticut State University pada tanggal 9 Maret 2016 (http://webcapp.ccsu.edu , tanggal 7 Maret 2016) dimana Indonesia ditempatkan pada posisi ke-60 dari 61 negara yang disurvey tingkat literasinya, hanya unggul dari negara Bostwana (sebuah negara kecil di benua Afrika) yang menduduki posisi juru kunci. “Terus terang saja saya tidak setuju dengan pernyataan para berbagai pihak yang memvonis sangat rendahnya budaya literasi masyarakat kita, apa mereka tahu dan setuju parameter yang digunakan CCSU untuk meng”judgement” tingkat literasi masyarakat kita saat ini, apa mereka tidak tahu apa yang saat ini terjadi pada masyarakat kita?” celoteh rekan saya tersebut dengan sengit disertai berbagai argumen-argumen yang disampaikannya. Saat itu saya hanya manggut-manggut saja mengamini pendapat rekan penulis yang tidak menerima jika masyarakat Indonesia dikatakan mempunyai tingkat literasi yang sangat rendah dan memprihatinkan.
Duta Literasi Menginspirasi Cinta Buku
| 1132 views

GALANG SERASI, “Tiga Padalarang Semangat Berliterasi” telah mengobarkan api bagi empat puluh siswa “Duta Baca” SMP Negeri 3 Padalarang. Mereka telah menunjukkan perubahan cepat dalam kebiasaan membaca. Hanya sepuluh bulan secara rutin menyantap buku, jadilah mereka luar biasa.
Literasi Merupakan Keberaksaraan
| 1214 views

Masyarakat memiliki keragaman budaya, budaya itu berasal dari kata buddhi yang berarti akal, budaya masyarakat yang ada, dibentuk karena kebiasaan (kecerdasan/akal) dan fasilitas alam yang tersedia sebagai sumber kehidupan. Budaya masyarakat merupakan beradapan turun temurun yang tidak lepas dari ilmu pengetahuan. Budaya itu adalah sebuah proses berfikir, yang dipengaruhi oleh agama(keyakinan hati), politik (aturan), bahasa (komunikasi), pakaian (perlindungan diri), bangunan (karya), seni (rasa). Budaya itu juga merupakan hasil karya, cipta dan rasa yang dimiliki manusia.
Ibu Een Sukaesih Guru Inspiratif, Guru terbaiku
| 374 views

Bu Een Sukaesih yang berbaring sakit bertahun-tahun masih bisa mengajar dan membimbing anak-anak sekitar lingkungannya untuk menimba ilmu padanya. Beliau mendapat banyak penghargaan dari pemerintah. Presiden Susilo Bambang Yudoyono pun pernah berkunjung ke rumahnya.
Generasi Literasi Generasi Anti Hoax
08 Juni 2017 | 867 views

Hoax , belakang kata “ hoax” menjadi kata yang paling sering muncul dalam pemberitaan entah itu di media massa, ataupun di media social, kenapa hoax menjadi topik yang terus bergulir, menjadi pemberitaan dan perbincangan? hal itu disebabkan karena smua orang pada saat ini sangat mudah terprvokasi oleh postingan-postingan di media social yang belum pasti kebenarannya, saat ada sebuah akun yang memposting link berita kebanyakan mereka enggan membaca dari awal hingga akhir, enggan memastikan bahwa bacaan- bacaan itu berasal dari sumber terpercaya atau tidak dan mereka langsung me-repost atau mengngirim ulang pesan berantai dan hal itu menjadi hal yang bisa meresahkan dan menjadi sebuah pembenaran yang tidak credible. Atau bahkan saat ada sebuah foto atau video yang tersebar di media sosial tanpa memastiakan apakah itu asli atau hasil edit , orang- orang langsung percaya, menghakimi dan membagikan foto tersebut.
WJLRC Memotivasi Siswa untuk Berkunjung dan Membaca di Perpustakaan
29 Mei 2017 | 864 views

Memotivasi siswa gemar membaca Buku adalah jembatan ilmu, dengan gemar membaca hal itu akan menumbuhkan pola pikir siswa maupun anak kita menjadi lebih berwawasan luas. Banyak media yang bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kemauan anak maupun siswa untuk gemar membaca seperi, buku buku pelajaran, majalah, koran, internet dsb.
Arti Penting Membaca
18 Mei 2017 | 875 views

Dengan membaca kita bisa mengetahui banyak hal dan perspektif. Membaca disini juga termasuk membaca pikiran dalam diri kita. Dengan membaca kita tidak lagi jumud alias kaku dan keukeuh hanya pada satu perspektif tanpa mau membuka diri terhadap pendapat berbeda. Membaca juga dapat memperkaya imajinasi dan menjadikan kita lebih kreatif.
Pembiasaan Sebagai Pilar Membangun Budaya Literasi Sekolah
| 865 views

Untuk membentuk seseorang menjadi seorang literat membutuhkan proses dan sarana yang kondusif. Proses ini dimulai dari kecil dan dimulai dari lingkungan keluarga dan dikembangkan atau didukung di lingkunagan sekolah, pergaulan, ataupun pekerjaan. Berbagai faktor yang menjadikan rendahnya budaya literasi tetapi kebiasaan membaca dianggap sebagai faktor utama dalam membangun budaya literasi.
Mari Menjadi Masyarakat Gemar Membaca
18 Mei 2017 | 730 views

Membaca merupakan gerbang dunia . Dengan membaca kita bisa menjelajahi tiap negeri tanpa perlu bepergian . Ungkapan tersebut sering sekali kita dengar . namun untuk menjadikannya kebiasaan tidaklah mudah . Indonesia menjadi peringkat ke tiga dari bawah untuk urusan membaca.
Literasi Dapat Membuka Peluang Usaha
| 613 views

Melihat kegiatan literasi yang ada di sekolah baik oleh siswa maupun guru ternyata mengundang perhatian penjaga sekolah yaitu Mang Adang dan Mang Uher. Setiap 1 bulan sekali kedua penjaga sekolah tersebut selalu menyaksikan siswa dan guru melakukan kegiatan readhaton. Serta sesekali melihat beberapa siswa yang sedang membaca buku di pojok baca. Selain itu seringnya para penjaga sekolah ikut memindahkan buku di perpustakaan menjadi pemicu untuk ikut gerakan membaca ini walaupun posisinya sebagai penjaga sekolah karena termasuk ke dalam warga sekolah. Hasil dari membaca buku ternyata sungguh mengejutkan, penjaga sekolah mulai membuka pemikiran dan ingin membuka peluang usaha yang berpotensi di sekolah.
Merekam Jejak Kartini
| 382 views

“Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita Sholehah” (Al-Hadist) Hari Kartini diperingati bangsa Indonesia, sebagai hari bagi kaum wanita Indonesia, yang menunjukkan penghargaan yang tinggi terhadap kaum hawa. Tentu saja ini adalah kehormatan yang besar, karena memang wanita diciptakan Sang Pencipta dengan segala keistimewaan. RA Kartini adalah sosok yang memberi inspirasi dan pencerahan bagi kaumnya, surat surat yang dilayangkan kepada sahabatnya di Belanda, Stella Zihandelaar dan Ny. Abendanon adalah sebuah ungkapan curahan hati, tentang sesuatu yang ingin diketahuinya lebih tentang keyakinannnya Islam, dan karena Kartini, adalah wanita maka pada saat itu dilarang untuk belajar tentang banyak hal dan mengetahui lebih dalam tentang Al-qur’an.
Gawai VS Literasi
| 533 views

Antara gawai dan literasi memang dua hal yang saling berkaitan, namun apa yang akan terjadi apabila gawai menghambat tantangan literasi?
Untukmu Guru yang Kreatif
| 333 views

Guru yang kreatif adalah guru yang banyak membaca
Memberikan Hadiah Tanpa Pemberitahuan Sebelumnya.
| 445 views

Memberikan hadiah pada peserta didik tanpa pemberitahuan sebelumnya setelah mereka mereviu buku atau bisa melakukan persentasi buku dengan baik, merupakan satu cara memperkuat motivasi intrinsik.
Sports Car VS Holy Qura’an – Short inspirational Story!
| 302 views

A young man was getting ready to graduate college. For many months he had admired a beautiful sports car in a dealer’s showroom, and knowing his father could well afford it, he told him that was all he wanted.
Membaca Nyaring Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
| 440 views

Membaca nyaring yaitu membaca dengan suara lantang. Membaca nyaring dapat digunakan dalam pembelajaran apresiasi sastra. Dengan membaca nyaring dan mengapresiasinya siswa dapat memiliki rasa percaya diri untuk berdiri dihadapan orang banyak dalam membacakan karya.
Paradigma Baru Pembelajaran Bahasa dan Literasi
| 3018 views

Pembelajaran literasi memberikan kesempatan atau peluang kepada peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri siswa untuk mengembangkan pemikiran, dan cara pandang terhadap berbagai hal yang ada di sekitarnya.
Readathon Membantu Siswa Berani Berbicara
| 322 views

Readathon Membantu siswa Berani Berbicara Setiap satu bulan sekali sekolah kami mengadakan Readhaton yaitu membaca massal selama 42 menit. Kegiatan ini sangat ditunggu tunggu oleh siswa karena mereka nanti akan disuruh kedepan untuk mereview buku yang dibaca.
Menemukan Ide untuk Menulis
| 531 views

Kisah sehari-hari kita dengan murid-murid kita juga bisa kita jadikan sumber ide. Ide – ide seperti ini bisa kita lihat pada buku-bukunya Torey Hayden misalnya “Sheila, Luka Hati Gadis Kecil” “Kevin” “Mereka Bukan Anakku” dan masih banyak lagi. Semua berkisah tentang pengalaman perjuangan dan kesabaran Torey mendidik anak-anak yang mengalami ganguan mental dan emosional, yang akhirnya bisa tumbuh menjadi manusia dewasa yang normal bertanggung jawab dan bermanfaat untuk masyarakat.
Anak ‘Pelahap’ atau Anak ‘Pembuat’?
| 329 views

Anak ‘Pelahap’ atau Anak ‘Pembuat’? Oleh: Vani Dewi Oktaviani, S. Pd Membuat anak agar ‘lahap’ membaca tidaklah mudah. Terutama di era modern sepeti sekarang ini, dimana handphone, play station, ataupun game lainnya terlihat lebih menggiurkan dibandingkan dengan suatu bacaan.
Generasi Literasi, Generasi Anti Hoax
| 960 views

hoax sudah menjadi isu yang sangat membahayakan dan merugikan, maka gerakan literasi sekolah merupakan alternative solusi untuk mencegah hoax
Mencatat Lebih Kreatif dan Efektif Menggunakan Mind Map
| 421 views

Dalam proses membaca aktif SQ3R ada satu tahapan dimana Anda harus melakukan pengulangan (R = Review) terhadap materi yang Anda baca atau pelajari.

Total Data : 30 dari 200

Halaman: dari 7

PENCARIAN ARTIKEL

Antalya rus escort