/ default

Beranda

Gerakan Literasi Sekolah

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Jawa Barat dilakukan melalui Program West Java Leader's Reading Challenge (WJLRC). Sebuah program unggulan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Australia Selatan. Program yang lebih awal dirintis sejak tahun 2012 oleh guru-guru alumni peserta pelatihan di Adelaide Australia di bawah tanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kini Dinas Pendidikan Jawa Barat melakukan gerakan literasi massif kepada sekolah-sekolah di Jawa Barat, menuju Jabar Literat, Jabar Kahiji. Be The First, Be The Best, Be Different.



BERITA

Bunda Literasi Jawa Barat Resmikan Jambore Literasi Pertama dan Tebesar di Indonesia
03 Nov 2017 | 213 views

Cuaca cerah pada Hari Rabu 01/11 itu mampu membuat tersenyum seluruh siswa SD dan SMP se-Jawa Barat. Pasalnya, pada hari itu mereka akan mengikuti event akbar yang bergengsi dan juga diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia khususnya Jawa Barat. Event akbar tersebut bernama Jambore literasi yang diikuti oleh siswa-siswi terbaik di Jawa Barat sebanyak 2.500 orang.
Begini Ternyata Dampak Penerapan Literasi untuk SDSN Margahayu XIII
27 Okt 2017 | 102 views

Kesusksesan Gerakan Literasi Sekolah SDSN MARGAHAYU XIII
Jambore Literasi, Ajang Menumbuhkan Kepedulian Siswa Terhadap Kaum Disabilitas
24 Okt 2017 | 201 views

Pelaksanaan Jambore pada tanggal 1 dan 2 November 2017 mendatang bukan hanya sekedar ajang untuk menerima penghargaan saja. Seluruh siswa dan siswi Jawa Barat akan bersatu sama lain “merayakan” keberhasilannya memenuhi tantangan WJLRC selama satu tahun. Beragam kegiatan menarik pun akan diikuti mereka dari mulai permainan tradisional, permainan masa kini, unjuk gigi dalam penampilan kreativitas, serta mendidik dan mengenalkan anak untuk peduli pada kaum disabilitas.

ARTIKEL

Talkshow Inspiratif Ala Jambore Literasi
07 Nov 2017 | 176 views

Para guru perintis literasi pada hari pertama dalam acara Jambore Literasi disuguhi Talkshow Bersama Tethy Ezokanzo dan Maman Mantox". Kesan pertama, kurang greget karena acara telat, banner yang tidak sesuai, dan tidak dilengkapi dengan media infocus atau fotokopi materi si penyaji. Kesan pertama tersebut hilang seiring dengan berjalannya acara. Makin lama makin menarik. Bu Tethy Ezokanzo membagi pengalaman suka dukanya sebagai penulis buku anak dengan apa adanya, lugas dan terbuka,
Serba-Serbi Tentang Jambore Literasi
07 Nov 2017 | 158 views

Ramainya informasi di awal tahun pelajaran baru yang sering kubaca di FB tentang kegiatan Jambore Literasi yang akan digelar melahirkan rasa yang tak menentu antara pesimis dan optimis menyatu. Optimis karena anak-anak bimbingan kami yang hebat telah cukup banyak menuntaskan banyak buku bacaan meski ada beberapa yang terseok-seok, tapi alhamdulillah beres 24 buku semuanya.
Bagaimanakah Menerapkan Nilai Dasar Perdamaian di Lingkungan Sekolah?
| 112 views

#Review Materi Peace Generation Perdamaian adalah syarat terbangunnya peradaban. Keprihatinan atas berbagai konflik di dunia dan khususnya Indonesia melatarbelakangi terbentuknya Peace Generation Indonesia oleh Irfan Amalee dan Eric Lincoln. Dua belas nilai dasar perdamaian yang diperjuangkan oleh Peace Gen Indonesia dapat diterapkan di sekolah maupun komunitas.

Pengumuman

Pengumuman Seleksi Calon Peserta Jambore Literasi Jawa Barat 2017
17 Ags 2017
PENGUMUMAN DIKLAT KEPUSTAKAWANAN
06 Ags 2017
Pengumuman Tantangan South Australia Premier’s Reading Challenge 2017
24 Juli 2017
Ketentuan Mengirimkan Artikel ke Web Literasi
05 Mei 2017
Ketentuan Mengirimkan Berita ke Web literasi
04 Mei 2017