/ default

Publikasi Ilmiah
Gerakan Literasi Sekolah


Meningkatkan Kecepatan dan Kefektifan Membaca
| 194 views


MENINGKATKAN KECEPATAN DAN KEEFEKTIAN MEMBACA

Membaca cepat dan efektif adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak meninggalkan pemahaman terhadap aspek bacaannya. Artinya kita tidak hanya mengutamakan kecepatan membaca namun makna yang dibaca tetap dipahami, ini berbeda dengan cepat membaca, cepat membaca seorang pembaca hanya mengutamakan bacaan kata demi kata atau kalimat demi kalimat dengan tidak memperhatikan pemahaman terhadap makna serta isi yang  dibacanya.

  1. Bagaimana caranya meningkatkan kecepatan membaca?

Sebagian orang berpendapat bahwa seorang pembaca lambat berhubungan dengan kecerdasannya, namun tidak selalu demikian bisa jadi lambatnya membaca tersebut dikarenakan oleh gangguanmembaca yang tidak disadari, seperti tidak mengetahui metode dan teknik mengembangkan kecepatan membaca serta tidak terbiasa dengan mmebaca cepat.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan dan pemahaman membaca, diantaranya (1) mengetahui teknik dan metode mengembangkan kecepatan membaca (2) latihan yang intensif (3) membiasakan diri membaca cepat. Sebuah percobaan telah dilakukan oleh John A. Broyson dari Universitas Florida. Ia melatih111 orang untuk ditingkatkan kecepatan membacanya. Pada awal latihan kecepatan membaca mereka berkisar 115-210 kata (sama dengan kecepatan yang memadai untuk siswa SD), tiga bulan kemudian, sebanyak 52 orang mampu meningkatkan kecepatan membacanya menjadi 295 – 325 kata permenit (dua sampai tiga kali lipat).

Dari hasil percobaan John A. Broyson, dapat ditarik kesimpulan bahwa pada prinsipnya setiap orang dapat belajar dan membaca lebih cepat dan lebih baik, melalui latihan yang intensif.

 

Berikut standar kecepatan membaca permenit untuk setiap jenjang pendidikan.

  • Tingkat SD         80 – 140 KPM
  • Tingkat  SMP  140 – 175 KPM
  • Tingkat  SLA    175 – 245 KPM
  • Tingkat PT       245 -  280 KPM

 

  1. Hakikat membaca cepat dan kefektifan membaca

Membaca cepat adalah membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahaman atau isi yang terdapat dalam bacaan. Kemampuan membaca cepat disesuaikan dengan tujuan membaca, aspek bacaan yang digali, dan berat ringannya bahan bacaan.

Efektif artinya peningkatan kecepatan membaca diikuti oleh peningkatan pemahaman terhadap bacaan

Seorang pembaca efektif akan melihatsetiap baris bacaan hanyapada satu-satuan pikiran yang ada, yang berupa frase, klause, atau kata-kata kunci. Jadi bagian bacaan yang dilihat hanya sedikit. Akibatnya , perpindahan gerak mata akan lebih cepat, dan kecepatan membaca akan lebih ditingkatkan. Demikian juga dengan pemahaman terhadap kalimat. Hal ini terjadi karena tidak memahami kata demi kata tetapi melihat makna kata sesuai dengan konteks kalimat.

 

  1. Pembaca yang efektif dan pembaca yang tidak efektif

 

  1. Seorang pembaca dapat dikatakan kurang ektif dalam kegiatan membacanya jika:
  • Membaca dengan kecepatan rendah (tidak sesuai dengan standar KPM)
  • Membaca dengan kecepatan konstan  untuk berbagai  cuaca dan kondisi membaca. Kecepatan selalu sama meskipun pada tujuan, bahkan baccaan, dan keperluan yang berbeda.
  • Gerak mata dipusatkan pada kata demi kata dan memahaminya secara terputus
  • Sering terjadi pengulangangerak mata (regresi)
  • Menggerakan bola mata 8 -12 kali atau lebih pada setiap baris bacaan.
  • Memvokalkan bacaan
  • Menarik makna literalnya dulu baru menyimpulkan gagasan utama
  • Membac pasif kalimat-demi kalimat
  • Konsentrasi tidak sempurna
  • Membaca hanya karena ada paksaan dari orang lain

 

  1.    Pembaca yang efektif

Seorang dikatakan efektif dalam membacanya, jika:

  • Membaca dengan kecepatan tinggi (sesuai dengan standar KPM atau lebih)
  • Kecepatan membaca bervariasi sesuai dengan tujuan, keperluan, dan bahan bacaan.
  • Asfek yang dibaca adalah satuan pikiran, ide, atau kata-kata kuni
  • Sedikit terjadi pengulangan  gerak mata (regresi)
  • Menggerakan bola mata 3-4 kali  pada setia baris bacaan.
  • Waktu membaca, secara fisik diam
  • Makna yang diambil adalah gagasan pokok saja, tanpa melihat unsur-unsur yang kurang menunjang
  • Membaca dengan aktif, kreatif, dan kritis
  • Konsentrasi sempurna
  • Membaca merupakan kebutuhan , bukan merupakan tugas atau beban.

Demikian sekilas tentang membaca cepat yang efektif, semoga memberikan manfaat bagi kita semua

 Penulis : (Nanang Hidayat, S.Pd)

 Guru SDN Gekbrong 1, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur)




sumber : Nanang Hidayat

Antalya rus escort