/ default

Publikasi Ilmiah
Gerakan Literasi Sekolah


Analisis Hasil Penelitian Jurnal Internasional
| 592 views


  1. Latar Belakang dan Permasalahan

Dalam kurikulum yang berlaku di Negara Swedia terdapat kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa pada akhir kelas sembilan.Pengetahuan yang harus dimiliki siswa tersebut adalah pengetahuan tentang sel, organ tubuh mereka sendiri dan bagaimana sistem organ berfungsi secara holistik dan dengan itu, diharapkan siswa mengetahui tentang aspek kesehatan, dalam jurnal misalnya menyebutkan kemungkinan efek zat adiktif dan dapat memahami manfaat olahraga teratur dan kebiasaan hidup sehat.

Kompetensi yang diharapkan kurikulum tersebut, jawaban siswa ketika siswa diberi pertanyaan tentang proses dalam tubuh manusia adalah siswa mampu memberi penjelasan yang melibatkan dua atau tiga sistem organ yaitu sistem pencernaan, sistem peredaran darah dan sistem ekskresi dalam bentuk tulisan, gambar dan secara verbal (unit kesatuan yang utuh). Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan sebelumnya di Swedia, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kebanyakan siswa kelas 9 memiliki gagasan implisit yang hanya tertuang dalam hasil wawancara. Jadi hanya dapat menuangkan ide dan pengetahuan secara verbal saja. Kemudian dari segi konten Biologinya, siswa mengalami banyak miskonsepsi. Siswa tidak dapat menghubungkan fungsi organ-organ dalam tubuh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsistensi jawaban siswa di seluruh skenario dan menghubungkan pandangan siswa tentang fungsi tubuh dan kesehatan dengan menyelidiki kualitas penjelasan siswa tentang proses dalam tubuh manusia dan ide terkait isu yang berkembang.

Permasalahan yang menjadi pertanyaan penelitian adalah:

  1. Bagaimana siswa menjelaskan apa yang terjadi dalam tubuh mereka ketika mereka makan sandwich yang tidak berkemasan, minum air atau menelan obat penghilang rasa sakit?
  2. Apakah siswa dapat mentransfer pengetahuan antara skenario yang berbeda? Jika demikian, bagaimana penjelasan siswa tentang obat penghilang rasa sakit dan air digambarkan berdasarkan kategorisasi penjelasan mereka tentang apa yang terjadi di dalam tubuh mereka ketika mereka makan sandwich yang tidak berkemasan?
  3. Apakah ada korelasi antara pengetahuan siswa tentang fungsi tubuh manusia dan jawaban atas pertanyaan terkait?
  1. Landasan Teori

Dalam jurnal penelitian ini menyebutkan beberapa teori yang mendasari dilakukan penelitian. Terdapat teori bahwa siswa memiliki konstruk pengetahuan yang dipengaruhi pengaruh masyarakat. Sehingga dari hal itu mengawali untuk mempelajari kemungkinan siswa untuk mentrasnfer ide-ide antara skenario berbeda dalam konten biologi. Transfer dalam jurnal difokuskan pada bagaimana siswa menggunakan dan mentransfer ide tentang fenomena dari satu konteks ke yang lain pada tingkat organisasi yang sama (sistem tubuh yang berbeda secara makro dan mikro/ transfer vertikal) dan transfer horizontal antara penjelasan skenario (sandwich dan painkiller) yang meminta dua sistem ( pencenaan dan peredaran darah) dan tranfer ke penjelasan dari skenario (air) yang meminta tiga sistem (pencernaan, peredaran darah dan ekskresi).

A. Metodologi

Data dikumpulkan melalui template (berupa gambar skema tubuh manusia), tes esai, tes pilihan ganda dan wawancara. Subyek penelitiannya mencakup 88 siswa Swedia di kelas 9 (umur 15/16 tahun) di sekolah yang terletak diperkotaan. Alasannya pertama adalah kondisi masyarakat tentang pendapatan orang tua, jumlah pengangguran dan presentase imigran, kedua merupakan studi percontohan yang artinya sekolah lain juga berpartisipasi tapi tidak menunjukan variasi besar antara dua sekolah. Penelitian dilaksanakan di satu sekolah. Sampelnya adalah semua siswa kelas 9 yang hadir di sekolah sejumlah 108 siswa. Dan 20 siswa tidak hadir. Dan 7 guru biologi untuk mengkonfirmasi siswa telah diajarkan tentang pencernaan, peredaran darah dan sistem ekskresi. Data dikumpulkan selama 1 bulan.

B. Hasil dan Implikasi Penelitian

Kesimpulan tentang Sandwich, Painkiller, Water, Transfer ofIdeas dijelaskan ke dalam jumlah persentase yang memiliki katergori yang telah ditentukan sebelumnya. Semua data dan hasil ditampilkan dalam tabel persentase dari jumlah keseluruhan siswa yang menjawab.

C. Keunggulan dan Kelemahan Penelitian

Keunggulan penelitian ini, untuk menguji kompetensi siswa, selain dengan tes tertulis dapat juga menggunakan template (gambar) yang menunjukan pemahaman dan korelasi pemahaman siswa dengan jawaban pertanyaan yang diberikan siswa.

Kelemahannya penelitian ini, merupakan studi deskriptif terhadap kasus spesifik di sekolah yang ada di perkotaan Swedia. Akan lebih baik bila penelitian ini ke arah eksperimen dan korelasi.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Pernilla Granklint Enochson & Andreas Redfors. (2012).  Student’s Ideas about The Human Body and Their Ability to Transfer Knowledge between Related Scenarios, Eropean Journal of Health and Biology Education, 1(1&2), 2-29




sumber : Dewi Fitrianti, S. Pd, Si