/ default

Berita
Gerakan Literasi Sekolah


Literasi Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan
17 Juni 2017 | 249 views

| |

Melihat kegiatan PAT (Penilaian Akhir Tahun) sudah selesai dan juga sudah tidak ada lagi kegiatan KBM di sekolah. Para guru mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) mengajukan kegiatan Pesantren Ramadhan selama tiga hari yaitu mulai tanggal 5, 6 dan 7 Juni 2017. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 07.00 – 10.00 WIB. Guru yang terlibat yaitu Pak H. Aep Saepudin, S.Ag. selaku ketua MGMP PAI, Pak Nana Suryana, S.Pd.I, Bu Dedeh Djuariyah, S.Ag, dan Bu Siti Syarifah, S.Pd.I. Perbedaan kegiatan dari tahun yang lalu dengan sekarang yaitu adanya penambahan kegiatan Literasi Al-Quran selama 30 menit di lapangan dan dilanjutkan dengan ceramah selama 120 menit oleh guru yang terlibat dalam kegiatan Pesantren Ramadhan di SMP Pasundan 2 Cimahi.

Hari Pertama kegiatan dilakukan dengan membaca ayat suci Al-Quran selama 30 menit, kemudian Pak H. Aep Saepudin, S.Ag. memberikan tausiah kepada para siswa selama 120 menit, mengenai pentingnya berbuat baik di Bulan Ramadhan karena pahala kita akan berlipat ganda. Selain itu rajin beribadah tidak hanya di Bulan Ramadhan saja tapi bulan biasa juga harus rajin beribadah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8. Antusias para siswa untuk mengikuti kegiatan ini selama tiga hari cukup baik.

Hari Kedua dan Ketiga sama seperti hari pertama yaitu membaca ayat suci Al-Quran selama 30 menit. Tapi ada yang berbeda dengan isi tausiah yang disampaikan oleh Pak Nana Suryana, S.Pd.I selama 120 menit yaitu mengenai maraknya berita Fitnah, Hoax dan saling mengutarakan isu sara padahal sudah jelas kita tidak boleh melakukan hal tersebut. Dalam Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 41 yang artinya adalah (Wahai Rasul “Muhammad!” janganlah engkau disedihkan karena mereka berlomba-lomba dalam kekafiranya. Yaitu orang-orang “Munafik” yang mengatakan dengan mulut mereka, “Kami telah beriman,” padahal hati mereka belum beriman; dan juga orang-orang Yahudi yang sangat suka mendengar “Berita-berita” bohong dan sangat suka mendengar “perkataan-perkataan” orang lain yang belum pernah datang kepadamu…..) kalau dilihat dari arti Al-Quran tersebut itu sudah terjadi di zaman sekarang, untuk itu kita harus bijak dalam memilih suatu bacaan dan jangan percaya begitu saja harus ada faktanya terlebih dahulu apalagi di dalam MedSos.

Inti dari kegiatan Literasi Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan yaitu membaca Al-Quran memang baik dan penuh dengan pahala yang berlipat akan tetapi alangkah lebih baik lagi kalau kita membaca Al-Quran itu dengan artinya dan bisa memahaminya. Ramadhan tahun-tahun sebelumnya saya Abdurrahman Umar, S.Pd. sebagai guru perintis sadar hanya membaca Al-Quran saja, setelah mulai paham dengan literasi Alhamdulillah ada perubahan selain membaca Al-Quran sekarang ada keinginan untuk mengetahui isi yang ada dalam bacaan. (Abdurrahman Umar)




sumber :
qwe