/ default

Berita
Gerakan Literasi Sekolah


Bantuan Buku Non Pelajaran dari Cirebon Super Blok (CSB) Mall untuk 10 SD di Kota Cirebon
14 Juni 2017 | 188 views

| |

Keberpihakan dunia usaha pada sektor pendidikan semakin menguat. Khususnya pada program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Hal ini terlihat dari kegiatan kerjasama bantuan Cirebon Super Block (CSB) mall kepada pihak dinas pendidikan, berupa buku-buku non pelajaran kepada sepuluh (10) sekolah SD yang terpilih karena kegiatan literasi di sekolahnya masing-masing. Yaitu SDN Kalijaga Permai, SDN Taman Kalijaga, SDN Argasunya, SDN Rajawali, SDN Sunyaragi 2, SDN Sadagori 1, SDN kebon Baru 6, SDN kebon Melati, SDN Pulasaren dan SDN Pengampon 1. 


Penyerahan secara simbolis bantuan program corporate social responsibility (CSR) dilakukan langsung oleh General Manager (GM) CSB Mall dan jajarannya kepada pihak Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Bapak Adin Imadudin selaku Kabid Dikdas dan Kepala Sekolah SDN Sadagori 1 Kota Cirebon. 
Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa 13 Juni 2017 di SDN Sadagori 1 tersebut diawali oleh pembacaan ayat suci Al’Quran yaitu surat Al Alaq oleh ananda Sowi. Yaitu salah satu surat dalam Alquran yang menyeru tentang keutamaan perintah Iqra (membaca) sebelum perintah shalat. 


Dalam sambutannya Hj, Eva Resna Hendawati selaku Kepala sekolah Sadagori 1 menyampaikan terimakasihnya dan menyebutkan bantuan buku yang mendukung gerakan literasi sekolah ini ,sebagai keberkahan yang diterima di ramadhan tahun ini. Beberapa siswa yang telah menyelesaikan tantangan membaca pun unjuk prestasi dan bukti, seperti Evelyn dari kelas 5 yang telah menyelesaikan membaca 60 buku beserta reviunya dalam rentang delapan bulan. Pun begitu juga sambutan yang disampaikan oleh ketua Cirebon Leader Reading Challenge (CLRC) yaitu Bapak Lilik Agus Darmawan, sebagai pihak yang digandeng CSB untuk menyampaikan bantuan CSR nya. Bahwa bermula dari berbagai kegiatan-kegiatan literasi sekolah yang selalu diadakan di atrium CSB sebagai bentuk kemasan kegiatan literasi kekinian, selama dua tahun berturut-turut sejak mei 2016, akhirya berbuah pada bantuan buku-buku Non pelajaran tersebut untuk lebih memperkaya alternatif khasanah bacaan anak-anak yang lebih menyenangkan. 


Bapak Adin Imadudin selakun Kabid Dikdas pun mengibaratkan bahwa kegiatan program literasi sekolah di Kota Cirebon, melalui tantangan membaca dari pemimpin yang diberi nama CLRC nya, ibarat kendaraan mengambil start dimulai hitungan 60 km/jam. Sehingga butuh banyak ruang sarana dan prasarana dari banyak pihak terkait untuk membantu lajunya agar membuahkan hasilnya berupa tercapainya tujuan pendidikan dengan percepatan dan pemerataan sesuai tema hari pendidikan tahun ini. 


Pihak CSB pun berjanji melalui sambutan yang disampaikan oleh Bapak Budi Virmansyah selaku HR dan GA CSB, bahwa kegiatan awal bantuan ini akan dilaknjutkan dengan bantuan serupa untuk sekolah jenjang SMP. Dan program bantuan lanjutan yang langsung bisa dirasakan oleh sekolah di awal tahun pelajaran Juli mendatang adalah program Sain Stage. Yaitu berupa ekplor sains/literasi sains, berupa kegiatan-kegaiatn percobaan sains menyenangkan yang akan dipandu oleh para pakar dan diikuti oleh perwakilan siswa dari sekolah-sekolah yang ditunjuk. Semoga bentuk bantuan dan kerjasama ini dapat berkembang baik secara kuantitas maupun kualitas.(dewi/afi)




sumber :